Makna Surat Al Baqarah dan Kandungannya

Makna Surat Al Baqarah dan Kandungannya

Smallest Font
Largest Font

Portalislam.com – dari banyaknya surat dalam Al Quran, Al Baqarah punya jumlah ayat paling banyak. Itulah salah satu alasan mengapa sangat penting mengetahui arti serta makna dari surahnya.

Membaca Al Quran jadi salah satu amalan yang dianjurkan di agama islam. Karena kitab suci tersebut digunakan untuk pedoman umat muslim dalam menjalani hidupnya sehari-hari.

Karena punya ayat yang jumlahnya banyak, maka tidak heran jika jarang ada orang bisa mengafalkan bunyi serta artinya. Sebagai surat terpanjang, tentu ada beragam keutamaan yang diberikan.

Pahami Makna dari Surat Al Baqarah

Setidaknya jika tidak bisa menghafalkan, baiknya Anda membaca dan pahami isi dari kandungan suratnya. Salah satu surah terpanjang dalam Al Quran ini punya 286 ayat dari Allah SWT ke Nabi Muhammad SAW.

Saat itu beliau ada di Madinah, bahkan hampir semua ayatnya diturunkan saat awal tahun hijriah, selain ayat 281. Karena diturunkan ketika di Mina, tepatnya saat Haji Rasulullah SAW yang terakhir.

Sehingga surat ini masuk dalam golongan Madaniyyah. Selain itu menjadi surah terpanjang di antara lainnya dalam Al Quran dengan ayat paling panjang yakni pada ayat 282.

Diberi nama Al Baqarah sebab di dalamnya terdapat kisah mengenai penyembelihan sapi betina atas perintah Allah SWT pada kaum Bani Israil. Tepatnya pada ayat 67 sampai 74)

Di dalamnya juga menjelaskan bagaimana watak dari Yahudi umumnya. Disebut juga sebagai puncak Al Quran (fusthaathul Quran) sebab mencakup sejumlah hukum umat islam dan ibada kepada Allah SWT.

Selain itu juga cara komunikasi agar dapat menjalin hubungan antar manusia (muamalat) dan aturan tersebut tidak terdapat dalam surah lainnya. Surah ini juga dinamai alif-laam-miim sesuai kalimat pertamanya.

Bahkan menjadi salah satu surah paling penting yang ada dalam Al Quran. Karena di dalamnya ada ayat kursi, di mana dianggap sebagai salah satu ayat agung atau mulia..

Isi Kandungan dalam Al Baqarah

Sebanyak 286 ayat di dalamnya, Anda bisa menjadikan beberapa kandungannya sebagai pedoman hidup di dunia agar memperoleh ridho Allah SWT. Berikut ada beberapa isi kandungan dari surah Al Baqarah, seperti:

1.      Tiga golongan manusia

Surat ini diawali dengan penjelasan mengenai 3 golongan manusia ketika menghadapi kitab suci. Diantaranya ialah orang mukmin, kafir, dan munafik.

2.      Bukti kekuasaan Allah SWT

Memang kekuasaan Allah SWT sudah tidak perlu diragukan, ada banyak bukti untuk mengetahuinya. Seperti yang tertulis dalam surat Al Quran ini jika Allah SWT merupakan pemilik semesta beserta isinya.

3.      Peringatan untuk kaum Bani Israil

Salah satu kisah nabi yang ada di surah ini ialah milik Nabi Musa AS. Di mana Nabi Musa AS diutus Allah SWT untuk menuntun Bani Israil menuju jalan kebaikan dan tidak lagi menyembah berhala.

Namun Bani Israil mengabaikannya, dan akhirnya Allah SWT memberikan peringatan yakni memberikan adzab serta hukuman tertubi-tubi. Kisah itu ada di ayat 55.

4.      Aturan hukum islam

Dalam Al Baqarah juga ada hukum syariat islam. Misalnya hukum riba, judi, khamr, setra pokok hukum perceraian, perkawinan, penyusuan, serta yang harus diberikan nafkah.

5.      Kisah Nabi & Rosul

Tiap surat Al Quran pasti ada kisah Nabi serta Rosul sebagai pelajaran. Dalam surat ini ada kisah Nabi Musa AS, Adam AS, Sulaiman AS, Yakub AS, Ibrahim AS, serta Ismail AS.

6.      Makna halal haram

Isi kandungan surahnya juga menjelaskan mengenai arti halal serta haram sesuai hukum islam. Jika Anda masih bingung, maka Anda bisa membaca ayat ke-173.

Agar dapat mengamalkan setiap surat dalam al quran, Anda tidak hanya membaca saja. karena selain membaca, mengetahui terjemahan, isi kandungan, hingga keutamaan surah Al Baqarah merupakan hal penting.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Berita Terkait