Tafsir

Tafsir

Portal Islam

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Mengungkap Makna Dalam Surat At-Takwir: Tafsir Lengkap

Mengungkap Makna Dalam Surat At-Takwir: Tafsir Lengkap

Surat At-Takwir adalah salah satu bagian dari Al-Qur'an yang mengandung pesan-pesan penting tentang akhir zaman dan kekuasaan Allah SWT. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang arti surat At-Takwir dan pesan-pesan yang tersirat dalam surat ini.

Latar Belakang Surat At-Takwir

Surat At-Takwir adalah surat ke-81 dalam Al-Qur'an, terdiri dari 29 ayat. Surat At-Takwir memiliki arti "penggulungan", Turun di kota Mekah, surat ini termasuk dalam juz ke-30 dari Al-Qur'an. Ayat-ayatnya memberikan gambaran tentang peristiwa-peristiwa besar yang terjadi di akhir zaman dan kekuasaan Allah yang Maha Besar. Surat At-Takwir menggambarkan peristiwa besar di hari kiamat, termasuk penggulungan matahari, kemerahan bintang-bintang, dan keruntuhan gunung-gunung. Surat ini mengingatkan manusia akan kekuasaan Allah dan kepastian datangnya hari kiamat, serta mengajak manusia untuk merenungkan tanda-tanda kebesaran-Nya.

Ayat Pertama Surat At-Takwir

اِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ 

izasy-syamsu kuwwirot

Artinya:
"Apabila matahari digulung,"

Hadist:
Dari Abu Dharr al-Ghifari, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila matahari tergulung, keluarlah binatang dari arah timur dengan membawa manusia di dalamnya dan di antara mereka ada yang diperintahkan untuk memasukkannya ke dalam neraka. Mereka itulah orang-orang yang dihisab pertama kali pada hari kiamat." (HR. Bukhari)

Makna dan Pesan dalam Surat At-Takwir

Surat At-Takwir menyampaikan pesan-pesan penting tentang hari kiamat dan kekuasaan Allah SWT. Ayat-ayatnya mengingatkan manusia akan kebesaran Allah dan kepastian datangnya hari kiamat. Surat ini mengajak manusia untuk merenungkan tanda-tanda kebesaran Allah di sekitar mereka dan untuk senantiasa bertobat atas dosa-dosa mereka.

Ayat Kedua Surat At-Takwir

وَاِ ذَا النُّجُوْمُ انْكَدَرَتْ 

wa izan-nujuumungkadarot

Artinya:
"dan apabila bintang-bintang berjatuhan,"

Hadist:
Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, "Bintang-bintang itu adalah amanah-amanah bagi langit, maka jika bintang-bintang itu hilang maka langit pun akan terpecah, maka pada hari itu bumi akan tergoncang-goncang." (HR. Muslim)

Pentingnya Merenungkan Ayat-ayat Al-Qur'an

Surat At-Takwir mengajarkan kepada manusia untuk merenungkan tanda-tanda kebesaran Allah di alam semesta ini. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali terlena oleh kesibukan dunia sehingga melupakan kebesaran Allah. Namun, dengan merenungkan ayat-ayat Al-Qur'an seperti yang terdapat dalam Surat At-Takwir, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang kehidupan dan tujuan penciptaan kita.

Ayat Ketiga Surat At-Takwir

وَاِ ذَا الْجِبَا لُ سُيِّرَتْ 

wa izal-jibaalu suyyirot

Artinya:
"Dan apabila gunung-gunung dihancurkan."

Hadist:
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada satu pun dari kalian melainkan Allah akan berbicara dengannya pada hari kiamat tanpa ada seorang pun yang menjadi perantara antara Allah dan hamba-Nya itu." (HR. Bukhari)

Kesimpulan

Surat At-Takwir adalah salah satu surat dalam Al-Qur'an yang mengandung pesan-pesan penting tentang akhir zaman dan kekuasaan Allah SWT. Dengan merenungkan ayat-ayat dalam surat ini, manusia dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang kehidupan dan tujuan penciptaan mereka. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dan mengamalkan isi surat ini dalam kehidupan sehari-hari.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here