Tafsir

Tafsir

Portal Islam

Apr 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Rahasia Kandungan Surat Yasin Menurut Sunnah Nabi Muhammad SAW

Rahasia Kandungan Surat Yasin Menurut Sunnah Nabi Muhammad SAW

Portal Islam - Halo Ikhwah Fillah, pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan sedikit mengulas tentang keutamaan surat yasin, hikmah dan fadhilahnya.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya Al-Qur’an adalah sebuah kitab suci umat islam yang dijadikan rujukan utama dan dijadikan pedoman hidup bagi semua pemeluk agama islam di seluruh dunia.

Telinga kita pasti sudah tidak asing dengan pepatah kuno “Buku adalah jendela dunia” maka seharusnya umat islam harus lebih mengedepankan Al-Qur’an ketimbang buku, karena dianya adalah yang menjadi pedoman hidup kita agar senantiasa selamat di dunia dan akhirat. Justru yang menjadi pertanyaan akhir-akhir ini adalah apakah Al-Qur’an menjadi pedoman atau hanya sebagai hiasan di rak buku kita saja?

Seperti judul pada artikel ini, kita akan membahas tentang rahasia kandungan surat yasin berdasarkan hadits nabi Muhammad SAW. Tentu saja bagi kalangan NU, surat ini adalah surat favorit , surat tahlil, dan surat syukuran karena sering di baca pada momen tersebut. Banyak diantara mereka yang hapal seluruh ayat karena sering mengulang – ulang bacaan.

Yasin mempunyai 83 ayat mencakup ayat-ayat pendek yang sifatnya mengikat yang bisa menggetarkan siapapun yang membacanya, mendengarkannya dan mengamalkannya termasuk didalamnya fadhilah yasin bisa menghancurkan niat orang yang ingin jahat dengan dipenuhi rasa iri, hasad dan dengki. Na’udzubillah.

Fadhilah lain dari surat yasin adalah bisa merontokan kekuatan jahat dari jin kafir yang datang menggoda manusia untuk melakukan maksiat.

Inilah Beberapa Kandungan Energi dan Kekuatan dalam Surat Yasin

 

Setalah memahami surat yasin secara umum, simak beberapa kandungan energi dan kekuatan dalam surat yasin, antara lain:

 

  • Menyatakan secara penuh khidmat mengenai keimanan kepada Allah Azza Wa Zalla, Sifat-sifat Agung Nya serta Malaikatnya.
  • Berkaitan dengan iman nya seorang muslim / muslimah kepada Al-Qur’an beserta hadits nabi Muhammad SAW tentang perilaku, akhlaq, kehidupan sehari-hari , dst.
  • Berkaitan dengan kekuasaan , keberkahan, dan kemuliaan Allah Azza Wa Zalla yang tak terbatas bagi siapa yang beriman dan mencintaiNya.
  • Berkaitan dengan keimanan kepada hari akhir, pembahasan mengenai surge dan neraka yang bertujuan agar manusia segera mencari ridho, ampunan dan karunia Allah Azza Wa Zalla.

 

 

Keutamaan Surat Yasin Bagi Semua Pemeluk Agama Islam Di Seluruh Dunia

 

Tiba saatnya kita membahas keutamaan dari surat popular, surat Yasin. Yuk simak terus ya.

 

1. Keutamaan Surat Yasin Untuk Mati Syahid

 

Seseorang bisa dikatakan mati syahid apabila sudah membaca surat yasin satu kali, maka bisa dinilai sama seperti membaca Al-Quran hingga selesai sebanyak 10 kali. Selain itu, barangsiapa yang membiasakan dirinya membaca surat yasin setiap malam setelah sholat malam hingga dirinya meninggal dunia, maka mereka bisa dikatakan mati syahid.

Setiap insan baik muslim maupun muslimah bisa dinyatakan mati syahid apabila mereka sudah selesai membaca surat yasin sebanyak satu kali, maka dengan demikian bisa kita katakana kalau nilainya sama dengan membaca Al-Qur’an hingga khatam sebanyak 10 kali.

 Bayangkan pembaca yang budiman salah satu keutamaan fadhilah ini. Perhatikan lagi, bahwasannya barangsiapa yang selalu membiasakan dirinya terlelap dalam surat yasin (Membaca,red) setiap malam sehabis melaksanakan sholat malam (Sholat Sunnat Tahajud, red) rutin hingga azal menjemput ruh dan jiwanya maka kita bisa katakan dia (orang tersebut,red) telah mati syahid. Dasar dasar kalimat diatas mengacu pada sebuah hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik.

 “Barangsiapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thabrani 7217 dari pernyataan Anas bin malik)

 

2. Fadhilah Surat Yasin Untuk Mendapatkan Ketenangan Batin

 

Sering kita mendengar, khususnya di kalangan NU bahwasannya dengan membaca surat Yasin di pagi hari maka kita akan otomatis mendapatkan ketenangan batin yang sesungguh nya hingga datang sore hari namun apabila seseorang membiasakan dirinya membaca surat Yasin pada sore hari maka dia (orang tersebut, red) akan mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan yang di datangkan oleh Allah melalui Malaikat Jibril kepada setiap hambaNya hingga keesokan harinya.

Hal ini senada dengan firman Allah Azza Wa Zalla, “Ketahuilah hanya dengan berdzikir dan membaca surah yasin semata mata karena Allah SWT, maka hati menjadi tenang.” (Ar-ra’d :28)”

 

3. Keutamaan Surat Yasin Untuk Hajat Yang Terkabul

 

Teruntuk kamu yang sedang bingung mencari pekerjaan, usaha nya sepi, dan bingung mau memilih jenjang karir atau dunia wiraswasta maka dengan membaca surat Yasin, Insya Allah semuanya akan Allah mudahkan , Allah Lancarkan, Allah Perlebar Jalannya Dan Allah Ridhoi Jalannya. Siapa sih pencipta langit dan bumi? Dan siapa juga sih yang menggenggam seluruh alam semesta beserta isinya ini?

Yuk rutinkan membaca surat Yasin agar jalan kita selalu di ridhoi oleh Allah.

Perhatikan hadits berikut “Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari  maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunan darimi juz 2 halaman 549)”.

 

4. Keutamaan Surat Yasin Agar Semua Dosa Di Hapus

 

Siapa sih yang gak punya dosa? Apakah kamu bersih dari dosa?

Tentu saja tidak, kita semua bani adam tentu pernah melakukan sebuah kesalahan baik  terencana maupun tidak, baik disengaja ataupun tidak, baik sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, baik secara individu maupun secara berkelompok.

Perhatikan dan baca dengan seksama hadits yang datang dari sahabat Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah maka diampuni dosa-dosanya,” (HR At Thabrani dan Al-Baihaqi).

5. Rahasia Surat Yasin Dapat Meningkatkan Keimanan dan Pahala

 

Sudahkah kamu membaca 4 poin rahasia keutamaan surat yasin diatas, sekarang telaah dan pelajari artinya. Jika kamu sudah membaca surat yasin beserta terjemahannya maka kamu akan menemukan keagungan Allah Azza Wa Zalla, pandangan tentang kematian dan pandangan tentang perjuangan pendakwah di masa lampau. Yakin masih sombong untuk bermalas – malasan membaca Al-Qur’an sementara kamu adalah manusia yang berlumuran dosa?

Perhatikan lah sabda baginda Nabi Muhammad SAW berikut ini “Surat Yasin merupakan jantung Al-Quran. Dan siapa yang membaca Yasin akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca Al-Quran,” (HR At-Tirmidzi dan Ad-Darimi).

6. Kemuliaan Bagi Sesiapa Yang Membaca Surat Yasin

 

Pada dasarnya, setiap surat yang ada di dalam Al-Quran akan memberikan kebaikan. Dengan membaca Al-Quran secara rutin, termasuk juga surat yasin, maka mereka akan dimuliakan oleh Allah SWT.

Kita semua sepakat bahwasannya didalam setiap surat Al-Qur’an pasti Allah memberikan kebaikan dan pahala di setiap hurufnya ketika kita membacanya, mempelajarinya dan mengamalkan nya (red) maka begitu pula dengan membaca surat Yasin. Bukankah kita dibolehkan untuk melebihkan satu surat di atas surat yang laiinnya di dalam Al-Qur’an?

Simak hadits berikut ini “Siapa yang membaca Al-Quran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahaya mahkotanya lebih baik dibandingkan dengan cahaya matahari di rumah-rumah yang ada di dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Al-Quran).” (HR Abu Daud).

Nah setelah membaca 6 rahasia keutamaan dan hikmah di balik surat Yasin maka kiranya penulis bisa maenarik kesimpulan bahwasannya tidak ada salahnya kita membaca surat yasin di pagi, sore maupun sehabis shalat tahajud adapun 6 fadhilah surat Yasin yang telah kita bahas maka kita jadikan motivasi untuk jiwa yang kering ini agar kita senantiasa membaca dengan Tartil, mempelajari dengan sungguh – sungguh dan mengamalkan nya dalam kehidupan sehari-hari dengan sebaik-baik amalan, tentu saja dengan di damping oleh seorang guru. Wallahu’alam.

 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here