Tafsir

Tafsir

Portal Islam

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Menyelami Hikmah Surat Al-Ahqaf Ayat 35: Pesan dalam Al-Qur'an

Menyelami Hikmah Surat Al-Ahqaf Ayat 35: Pesan dalam Al-Qur'an

Kekuatan Kesabaran dalam Ayat Al-Qur'an

Surat Al-Ahqaf dari Al-Qur'an merupakan sumber hikmah dan petunjuk bagi umat manusia. Ayat 35 dari surat ini khususnya mengandung pesan yang memperkuat keimanan dan mengajarkan kebijaksanaan hidup. Mari kita telaah lebih dalam makna dan pesan yang terkandung dalam ayat ini.

Renungan atas Ayat Al-Qur'an: Surat Al-Ahqaf Ayat 35

Dalam ayat ke-35 surat Al-Ahqaf, Allah SWT berfirman:

"فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُولُوا الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلَا تَسْتَعْجِلْ لَهُمْ ۚ كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلَّا سَاعَةً مِّن نَّهَارٍ ۚ بَلَاغٌ ۚ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلَّا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ"

Terjemahan:
"Maka bersabarlah, sebagaimana kesabaran orang-orang yang ulung dari para rasul, dan janganlah kamu minta agar segera ditimpakan kepada mereka (azab). Pada hari mereka melihat apa yang dijanjikan kepada mereka, (maka) seakan-akan mereka tidak (pernah) tinggal (di dunia) kecuali sebahagian siang atau sore hari saja. Sudah cukup (mengingatkan) sebagai peringatan. Maka apakah orang-orang yang zalim itu akan binasa selain dari pada kaum yang fasiq?"

Ayat ini memberikan pengajaran tentang pentingnya kesabaran dalam menghadapi cobaan dan tantangan hidup. Allah SWT menegaskan bahwa kita harus bersabar seperti kesabaran para rasul yang telah terbukti ulung dalam menegakkan risalah-Nya. Kesabaran ini juga mengajarkan kita untuk tidak tergesa-gesa dalam mengharapkan atau menginginkan sesuatu dari Allah SWT.

Hikmah dalam Hadis tentang Kesabaran

Hadis Rasulullah Muhammad SAW juga menyatakan pentingnya kesabaran dalam kehidupan sehari-hari. Beliau bersabda:

"مَنْ يَصْبِرْ يُلْبِسْهُ اللَّهُ حُلَّةَ الْوَرْعِ وَيُؤْتَى بِهِ عَمَلُ الصَّالِحِ مَا دَامَ عَلَى ذَلِكَ"

Artinya:
"Barangsiapa yang bersabar, Allah akan menjadikannya berpakaian wara' (keutamaan dan kesalehan) dan amal yang saleh, selama ia tetap berpegang teguh pada sifat tersebut."

Hadis ini menggambarkan bahwa kesabaran membawa keutamaan dan kebaikan dalam kehidupan seseorang. Dengan bersabar, seseorang akan mendapatkan pakaian wara' yang melindungi dari godaan dan kesalahan, serta amal yang saleh yang akan mendatangkan keberkahan dalam kehidupannya.

Penutup:

Ayat Al-Qur'an dalam surat Al-Ahqaf ayat 35, serta hadis-hadis yang menguatkan maknanya, mengajarkan kita tentang pentingnya kesabaran dalam menghadapi cobaan hidup. Dengan bersabar, kita akan mendapatkan keberkahan dan keutamaan dari Allah SWT. Semoga kita senantiasa mampu bersabar dalam menghadapi segala ujian dan mendapatkan ridha-Nya. Aamiin.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here