Tafsir

Tafsir

Portal Islam

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Tafsir Al-Hasyr Ayat 18: Penafsiran tentang Keagungan Allah

Tafsir Al-Hasyr Ayat 18: Penafsiran tentang Keagungan Allah

Surat Al-Hasyr merupakan bagian dari Al-Qur'an yang mengandung banyak hikmah dan pelajaran bagi umat manusia. Salah satu ayat yang menarik untuk ditafsirkan adalah ayat ke-18, yang mengandung pesan-pesan penting tentang kebesaran dan kekuasaan Allah. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tafsir tafsir surat al-hasyr ayat 18, serta merenungkan makna dan pelajarannya.

Ayat Al-Qur'an

قَدْ يَعْلَمُ اللَّهُ الْمُعَوِّقِينَ مِنْكُمْ وَالْقَائِلِينَ لِإِخْوَانِهِمْ هَلُمَّ إِلَيْنَا وَلَا يَأْتُونَ الْبَأْسَ إِلَّا قَلِيلًا

Qad ya'lamu Allahu almu'awwiqina minkum walqailina li-ikhwanihim halumma ilayna wala ya'tuna alba'sa illa qalilan.

Terjemahan dan Tafsir
Ayat ini menyatakan bahwa Allah mengetahui orang-orang munafik yang enggan berpartisipasi dalam jihad fi sabilillah (perang dalam jalan Allah) atau yang menyampaikan alasan-alasan palsu untuk tidak ikut serta. Mereka menyuruh orang-orang mukmin untuk tidak pergi berperang, sementara mereka sendiri tidak ikut serta. Allah mengetahui segala hal, termasuk rahasia-rasiah yang manusia sembunyikan dalam hatinya.

Hadis Terkait

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
"Janganlah kalian berkeinginan untuk berhadapan dengan musuh, dan mohonlah kepada Allah untuk menolong kamu, dan jika kalian harus berhadapan dengan mereka, maka bersabarlah." (Hadis riwayat Muslim)

Makna dan Pelajaran

Ayat ini mengandung pelajaran penting tentang kepercayaan kepada Allah dan kepatuhan terhadap perintah-Nya. Allah mengetahui segala sesuatu, termasuk rahasia-rahasia yang disembunyikan oleh hati manusia. Karena itu, umat Islam diajarkan untuk mengandalkan Allah dalam setiap langkah hidup mereka, sehingga tidak boleh menahan diri dari memenuhi kewajiban agama hanya karena ketakutan atau kemalasan

Penutup

Tafsir ayat-ayat Al-Qur'an, termasuk Surat Al-Hasyr ayat 18, memegang peran penting dalam memperdalam pemahaman kita tentang ajaran Islam. Dengan merenungkan makna dan pelajaran dari setiap ayat, kita dapat memperkaya spiritualitas dan meningkatkan kualitas hidup kita sebagai hamba Allah. Semoga kita semua dapat menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman utama dalam menjalani kehidupan ini. Subhanallah.

Kesimpulan

Ayat Al-Qur'an seringkali menjadi sumber inspirasi dan pedoman; selain itu, juga menjadi petunjuk utama bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan mereka. Dengan merenungkan makna dan pelajaran dari ayat ini, kita dapat meningkatkan kepatuhan dan kepercayaan kita kepada Allah. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari ayat-ayat suci Al-Qur'an dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here