Tafsir

Tafsir

Portal Islam

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Arti Surat An-Nasr Beserta Lafadz Arab dan Isi Kandungannya

An-Nasr

PortalIslam.com – Surat An-Nasr memiliki jumlah 3 ayat dan mendapat urutan 110 di dalam Al-Quran. Suratnya sangat pendek, sehingga Anda mudah menghafalkannya dan bisa menjadi daftar suratan untuk sholat.

Surat ini termasuk ke dalam golongan Madaniyah. Hal ini bukan karena turunnya di Madinah, tapi penggolongan surat itu berdasarkan waktu diturunkannya. Surat yang turun sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah, dinamakan Makiyyah.’

Sementara surat yang turun setelah Rasulullah hijrah ke Madinah, disebut Madaniyyah. An-Nasr adalah surat yang turun setelah hijrah disebut dengan madaniyyah. Berikut ayat arti beserta kandungannya.

Ayat Surat An-Nasr, Tulisan Latin dan Terjemahannya

Bagi Anda yang sedang dalam situasi sulit dan butuh bantuan untuk mengatasi masalah, cobalah untuk mengamalkan An-Nasr. Dalam bahasa Indonesia, surat ini memiliki arti pertolongan.

Allah SWT akan memberikan pertolongan kepada umat-NYA dengan menjelaskannya pada surat satu ini. Nama dari Nasr sendiri diambil dari ayat pertama. Selain memberikan pertolongan, dalam surat ini juga menjelaskan bahwa Allah akan memberikan kemenangan pada Islam.

Kandungan surat ini memang begitu dalam. Surat ini memiliki arti tentang kabar gembira yang disampaikan langsung kepada Rosulullah, bahwa umatnya (orang Islam) akan mendapat pertolongan pada peristiwa Fatthu Makkah.

Kemudian disebutkan juga bahwa pada peristiwa Fatthu Makkah, orang-orang akan berbondong-bondong untuk masuk Islam. Begitu indah surat An-Nasr ini. Berikut adalah ayatnya 1-3 beserta terjemahan yang bisa Anda maknai :

اِذَا جَاۤءَ نَصْرُ اللّٰهِ وَالْفَتْحُۙ

Iżā jā'a naṣrullāhi wal-fatḥ(u).

  1. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan

وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ

a ra'aitan-nāsa yadkhulūna fī dīnillāhi afwājā(n).

  1. dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُۗ¸ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا

Fasabbiḥ biḥamdi rabbika wastagfirh(u), innahū kāna tawwābā(n).

  1. Bertasbihlah Dengan Memuji Tuhanmu Dan Mohonlah Ampun Kepada-Nya. Sesungguhnya Dia Maha Penerima Tobat.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, kemenangan yang diberikan Allah kepada Islam ketika banyak orang berbondong-bondong masuk islam.

Itu terbukti hingga sekarang ini, Islam menjadi satu-satunya agama yang pertumbuhannya sangat cepat di belakan dunia.

Banyak orang-orang dari negara yang kebanyakan tidak mengenal agama, kini telah menemukan kebenartan tentang islam, dan mereka bersyahadat.

Surat An-Nasr sebenarnya memberikan dua isyarat kepada umat Islam. Pertama, dekatnya ajal Nabi Muhammad SAW. Kemudian yang kedua, adanya kemenangan di mana banyak orang berbondong-bondong masuk Islam.

Kandungan yang Ada Di Dalam Surat An-Nasr

Ketika melihat keseluruhan dari surat An-Nasr, sebenarnya kita bisa menyimpulkan makna kandungannya.

Pertama, Allah memberikan kabar gembira kepada Rasulullah bahwa akan mendapatkan pertolongan dan kemenangan. Hal itu dikhususkan pada peristiwa Fathu Makkah atau pembebasan kota Mekah.

Kedua, surat ini juga mengandung berita bahwa akan ada kemenangan. Di mana banyak orang yang berbondong-bondong masuk agama islam setelah pembebasan kota Mekah.

Tidak hanya terjadi pada zaman dulu, sekarang juga sudah terbukti kebenarannya bahwa perkembangan Islam sangat pesat. Banyak orang dari belahan dunia menemukan kebenaran Islam.

Surat ini juga membuktikan kebenaran Al-Quran. Sebab, apa yang telah dituliskan dalam kitab suci memang benar adanya. Ini dibuktikan dengan adanya peristiwa Fathu Makkah.

Kandungan yang ketiga, kemenangan ini harus dinisbatkan kepada Allah SWT. Caranya adalah dengan memperbanyak membaca tasbih, tahmid dan juga istighfar sebanyak mungkin.

Kemenangan yang diberikan oleh Allah merupakan janji kepada umat-Nya. Maka, teruslah melibatkan Allah atas karunia yang telah diberikan.

Kandungan terakhir dari surat ini adalah agar tidak sombong dengan kemenangan yang Allah kabarkan dan terbukti. Justru Anda diharuskan untuk banyak-banyak bersyukur atas karunia yang Allah berikan.

Memaknai setiap ayat yang ada di surat ini memang memberikan kita kesadaran bahwa Allah yang mengatur segalanya. Surat An-Nasr membuktikan bahwa Al-Qur’an adalah mujizat Allah yang turun kepada Rosulullah dan disampaikan kepada umatnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here