Tafsir

Tafsir

Portal Islam

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Bacaan Setiap Ayat Surat Al-Qari'ah, Arti serta Kandungan Isinya

Al-Qari'ah

Portalislam.com - Al-Qari'ah merupakan salah satu surat dalam Al Quran yang memiliki jumlah ayat sebanyak 11 dan termasuk golongan Makkiyah. Mengutip tafsir Al-Mishbah istilah dari surat ini memiliki makna mengetuk dengan keras.

Sedangkan secara umum artinya adalah hari kiamat yang menggetarkan. Surat ini merupakan salah satu yang menjelaskan tentang peristiwa pada hari kiamat kelak. Selain itu juga menerangkan tentang apa yang manusia hadapi sesudah hari akhir tersebut tiba.

Inilah Bacaan Surat Al-Qari’ah serta Arti Setiap Ayatnya

Walaupun jumlah surat ini cukup banyak dibandingkan lainnya, tapi setiap ayatnya pendek. Sebelum beralih ke pembahasan kandungan isi di dalamnya, ketahui terlebih dahulu bacaan setiap suratnya sebagai berikut:

1.      Ayat 1

اَلۡقَارِعَةُ

Latin: Al qoori'ah

Arti: Hari Kiamat,

2.      Ayat 2

مَا الۡقَارِعَةُ‌

 

Latin: Mal qooriah

Arti: Apakah hari Kiamat itu?

3.      Ayat 3

وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا الۡقَارِعَةُ

Latin: Wa maa adraaka mal qoori'ah

Arti: Dan tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?

4.      Ayat 4

يَوۡمَ يَكُوۡنُ النَّاسُ كَالۡفَرَاشِ الۡمَبۡثُوۡثِۙ‏

Latin: Yauma ya kuunun naasu kal farashil mabthuuth

Arti: Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan,

5.      Ayat 5

وَتَكُوۡنُ الۡجِبَالُ كَالۡعِهۡنِ الۡمَنۡفُوۡشِؕ

Latin: Wa ta kuunul jibalu kal 'ihnil manfuush

Arti: dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

6.      Ayat 6

فَاَمَّا مَنۡ ثَقُلَتۡ مَوَازِيۡنُهٗ

Latin: Fa-amma man thaqulat mawa ziinuh

Arti: Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya,

7.      Ayat 7

فَهُوَ فِىۡ عِيۡشَةٍ رَّاضِيَةٍ

Latin: Fahuwa fii 'ishatir raadiyah

Arti: maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang).

8.      Ayat 8

وَاَمَّا مَنۡ خَفَّتۡ مَوَازِيۡنُهٗ

Latin: Wa amma man khaffat mawa ziinuh

Arti: Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,

9.      Ayat 9

فَاُمُّهٗ هَاوِيَةٌ

Latin: Fa-ummuhu haawiyah

Arti: maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.

10.   Ayat 10

وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا هِيَهۡ

Latin: Wa maa adraaka maa hiyah

Arti: Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?

11.   Ayat 11

نَارٌ حَامِيَةٌ

Latin: Naarun hamiyah

Arti: (Yaitu) api yang sangat panas.

Al-Qari'ah merupakan surat yang berada pada urutan ke-101 dalam Al Quran. Bukan hanya sekadar bacaan, ada banyak keutamaan bisa Anda peroleh saat membaca surat ini secara rutin. Salah satunya adalah menjadi pengingat tentang hari kiamat.

Sebab, di dalamnya ada penjelasan tentang apa saja peristiwa besar yang terjadi pada hari akhir tersebut. Dengan membacanya secara rutin disertai memahami dengan baik makna setiap ayatnya, akan membuat Anda senantiasa mengingat akhirat.

Harusnya akhirat menjadi tujuan utama dalam menjalani kehidupan. Keutamaan lainnya, menjadi lebih termotivasi untuk selalu berbuat kebaikan dan beribadah sesuai syariat Islam selama hidup di dunia.

Karena dalam surat ini menerangkan tentang konsekuensi setiap perbuatan yang dilakukan selama di dunia. Segala amalan akan ditimbang, baik itu yang sifatnya baik maupun buruk. Membaca surat ini bisa memberatkan timbangan kebaikan.

Dengan rutin membaca Al-Qari'ah dan mengamalkan isinya, Anda akan terhindar dari api neraka serta fitnah dajjal. Selain itu, mampu memberikan kesejahteraan, meningkatkan pahala dan merupakan memperdalam iman.

Memahami Kandungan Isi Setiap Ayat dalam Surat Al Qari’ah

Isi kandungan secara keseluruhan surat ini yaitu berisi tentang hari akhir. Tapi lebih spesifik kandungan isi pada setiap ayatnya akan dibahas lebih lengkap pada uraian berikut:

1.      Ancaman Hari Kiamat

Pada ayat pertama dan kedua surat ini berisi tentang ancaman pada hari kiamat. Jadi, ada gambaran tentang kehebatan serta kebesaran hari tersebut. Dengan adanya ayat ini, selain ancaman juga merupakan peringat terkait peristiwa mendatang yang akan terjadi.

2.      Gambaran Hari Kiamat

Sedangkan ayat ketiga dan keempat membahas tentang gambaran kiamat. Di mana manusia pada saat itu akan tersebar seperti anai-anai bertebaran. Sedangkan gunung akan hancur dan tampak seperti bulu yang dihamburkan.

Bisa dikatakan bahwa dalam surat Al-Qari'ah ayat ketiga dan keempat, ada gambaran kehancuran makhluk hidup beserta alam sekitarnya. Akan ada perubahan pada alam semesta, bukan hanya pada manusia saja.

3.      Perbedaan Nasib Manusia pada Hari Kiamat

Pada ayat keenam hingga kesembilan, isinya tentang perbedaan nasib manusia saat kiamat kelak. Manusia yang memiliki banyak amal kebaikan akan memperoleh kehidupan memuaskan.

Sedangkan manusia yang mempunyai sedikit amal kebaikan dan lebih banyak amal keburukannya, akan dijatuhkan ke dalam neraka bernama Hawiyah. Dalam penjelasan ini bisa dijadikan pengingat bahwa Allah adil dalam memberikan balasan kepada manusia.

4.      Gambaran Neraka Hawiyah

Terakhir adalah ayat kesembilan hingga kesebelas, isinya berupa gambaran neraka hawiyah yang menyala serta sangat panas. Penggambaran seperti ini bertujuan untuk membuat manusia sadar dan takut melakukan perbuatan buruk.

Alasan mengapa penting memahami isi dari surat ini, bukan hanya sekadar tahu bacaannya saja adalah agar mampu mengamalkannya dengan baik. Selain itu juga agar benar-benar memperoleh seluruh keutamaan dari surat Al-Qari'ah tersebut baik saat di dunia maupun akhirat.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here