Tafsir

Tafsir

Portal Islam

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Bacaan Surat Al-'Adiyat, Arti Setiap Ayat dan Keutamaan Membacanya

Al-'Adiyat

Portalislam.com - Makna Al-'Adiyat adalah kuda perang yang berlari kencang. Surat ini terdiri dari 11 ayat dan termasuk golongan Makkiyah. Dalam Al Quran merupakan surat dengan urutan ke-100, diturunkan sesudah Al-‘Ashr dan sebelum Al-Kautsar.

Penamaan surat ini ada pada ayat pertama. Penggambaran surat ini berisi mengenai kerugian mayoritas manusia kelak di hari kiamat. Kerugiaannya dialami oleh mereka yang tidak mempersiapkan akhirat, ingkar terhadap nikmat Allah serta bakhil akibat cinta dunia.

Berikut Bacaan Surat Al-'Adiyat, Arti Setiap Ayat dan Kandungan Isinya

Sebelum memahami kandungan isi dari surat satu ini, ketahui bacaan setiap ayatnya terlebih dahulu dari 1 hingga 11. Berikut ini bacaannya dalam tulisan Arab dan latin. Kemudian akan dilanjutkan pembahasan tentang kandungan isi di dalamnya.

1.      Ayat 1

وَالۡعٰدِيٰتِ ضَبۡحًا

 

Latin: Wal'aadi yaati dabha

Arti: Demi kuda perang yang berlari kencang terengah-engah,

2.      Ayat 2

فَالۡمُوۡرِيٰتِ قَدۡحًا

Latin: Fal muuri yaati qadha

Arti: dan kuda yang memercikkan bunga api (dengan pukulan kuku kakinya),

3.      Ayat 3

فَالۡمُغِيۡرٰتِ صُبۡحًا

Latin: Fal mughiiraati subha

Arti: dan kuda yang menyerang (dengan tiba-tiba) pada waktu pagi,

4.      Ayat 4

فَاَثَرۡنَ بِهٖ نَقۡعًا

Latin: Fa atharna bihii naq'a

Arti: sehingga menerbangkan debu,

5.      Ayat 5

فَوَسَطۡنَ بِهٖ جَمۡعًا

Bacaan Latin: Fawa satna bihii jam'a

Arti: lalu menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh,

6.      Ayat 6

اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لِرَبِّهٖ لَـكَنُوۡدٌ

Latin: Innal-insana lirabbihii lakanuud

Arti: sungguh, manusia itu sangat ingkar, (tidak bersyukur) kepada Tuhannya,

7.      Ayat 7

وَاِنَّهٗ عَلٰى ذٰلِكَ لَشَهِيۡدٌ

Latin: Wa innahu 'alaa zaalika la shahiid

Arti: dan sesungguhnya dia (manusia) menyaksikan (mengakui) keingkarannya,

8.      Ayat 8

وَاِنَّهٗ لِحُبِّ الۡخَيۡرِ لَشَدِيۡدٌ ؕ‏

Latin: Wa innahu lihubbil khairi la shadiid

Arti: dan sesungguhnya cintanya kepada harta benar-benar berlebihan.

9.      Ayat 9

 

اَفَلَا يَعۡلَمُ اِذَا بُعۡثِرَ مَا فِى الۡقُبُوۡرِۙ

Latin: Afala ya'lamu iza b'uthira ma filqubuur

Arti: Maka tidakkah dia mengetahui apabila apa yang di dalam kubur dikeluarkan,

10.   Ayat 10

وَحُصِّلَ مَا فِى الصُّدُوۡرِۙ

 

Latin: Wa hussila maa fis suduur

Arti: dan apa yang tersimpan di dalam dada dilahirkan?

11.   Ayat 11

اِنَّ رَبَّهُمۡ بِهِمۡ يَوۡمَٮِٕذٍ لَّخَبِيۡرٌ

Latin: Inna rabbahum bihim yauma 'izil la khabiir

Arti: sungguh, Tuhan mereka pada hari itu Mahateliti terhadap keadaan mereka.

Surat ini dalam buku tarsir berjudul Al-Qur'anul Majid An-Nur berisi tentang sumpah Allah bahwa manusia merupakan makhluk ciptaan-Nya yang akan mengingkari nikmat-Nya. Makhluk yang memiliki sifat tamak terhadap harta serta bertindak kikir.

Hal inilah yang membuat Allah dalam surat Al-'Adiyat memberikan ancaman terhadap manusia bahwa mereka akan memperoleh pembalasan berat kelak di hari kiamat. Jadi, bisa dikatakan isinya berupa ancaman dari Allah kepada manusia yang ingar serta terlalu mencintai harta dunia.

Pada awal surat, disebutkan sumpah Allah dengan sifat kuda perang yang larinya kencang dan terengah-engah sampai memercikkan api ketika kakinya bergesekan batu. Kuda melakukan hal seperti ini untuk memenuhi keinginan tuannya.

Perumpamaan ini bertujuan untuk mengingatkan manusia supaya tidak ingkar terhadap berbagai nikmat yang sudah diberikan oleh Allah. Kikir atau bakhil berpotensi dimiliki oleh manusia bila mereka tamak serta menghalalkan segala cara untuk memperoleh kekayaan dunia.

Allah hanyalah menitipkan harta benda di dunia kepada manusia. Jadi, tidak sepatutnya manusia kikir akibat terlalu cinta terhadap harta yang hanya dititipkan sementara. Pada surat ini berisi tentang walaupun manusia menyembunyikan isi hatinya, Allah Maha Mengetahui.

Berbagai Keutamaan Membaca Surat Al Adiyat Bisa Didapatkan

Membaca Al-'Adiyat secara rutin memberikan banyak manfaat dan keutamaan. Tidak heran bila sebagian umat muslim menjadikan surat ini sebagai bacaan rutinnya. Inilah berbagai keutamaan yang bisa didapatkan:

1.      Memperoleh Pahala

Keutamaan pertama yaitu memperoleh pahala. Dalam tafsir Al Burhan diterangkan bahwa siapa yang membaca surat ini akan diberikan pahala seperti pahala pembaca Al Quran.

Bila membacanya secara rutin atau dengan istiqomah, Allah akan memberikan pertolongan bagi yang mempunyai hutang. Pertolongannya berupa pelunasan hutang dengan cepat.

2.      Memperlancar Rezeki

Ketika ingin rezeki lancar memang diperlukan usaha agar bisa mendapatkannya. Selain usaha, perlu diiringi dengan doa. Sebenarnya ada banyak doa yang ketika dipanjatkan dipercaya mampu melancarkan rezeki.

Salah satunya adalah surat ini. Membaca surat satu ini disertai ikhtiyar, dipercaya bisa melancarkan rezeki. Penting untuk dicatat, harus disertai dengan ikhtiyar karena hanya doa saja bagaimana bisa memperoleh rezeki.

3.      Sebagai Pengingat Kedahsyatan Hari Akhir

Keutamaan membaca surat Al-'Adiyat lainnya adalah sebagai pengingat kedahsyatan hari akhir. Dengan senantiasa mengingat, akan menyadarkan kita agar senantiasa meningkatkan keburukan dan berbuat baik.

4.      Menjadi Doa agar Terlepas dari Kelaparan, Ketakutan serta Kehausan

Keutamaan terakhir yaitu menjadi doa agar terlepas dari berbagai kondisi yang tidak diinginkan terjadi. Seperti kelaparan, ketakutan serta kehausan. Mengenai keutamaan satu ini disebutkan dalam tafsir Al Burhan.

Tentu saja untuk memperoleh keamanan dari kelaparan, kehausan dan kelaparan bukan hanya sekadar perlu doa saja. Tapi, perlu usaha dan nantinya Allah memberikan izin melalui doa yang hamba-Nya panjatkan.

Agar benar-benar memperoleh manfaat atau keutamaan dari membaca surat tersebut secara rutin, baca dengan niat yang tepat. Pahami dengan baik isi dari Al-'Adiyat agar ketika membaca tahu makna sebenarnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here