Tafsir

Tafsir

Portal Islam

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Bacaan Surat Al-Kautsar Beserta Latin dan Terjemahannya

Al-Kautsar

PortalIslam.com – Keutamaan surat Al-Kautsar itu sangat banyak bila Anda amalkan setiap harinya. Surat pendek ini termasuk pada golongan Makiyyah yang turun di Makah, itu adalah pandangan para ulama.

Surat pendek ini memiliki arti Nikmat yang Berlimpah. Anda pasti sudah membayangkan, betapa banyaknya nikmat yang akan didapat jika terus mengamalkannya setiap hari.

Di dalam Al Qur’an surat Al-Kautsar sendiri berada di urutan 108 dengan jumlah 3 ayat. Per ayatnya sangat pendek sehingga Anda akan mudah menghafalnya untuk suratan harian. Berikut bacaan surat, beserta latin dan terjemahannya.

Ayat dari Surat Al-Kautsar Beserta Terjemahannya

Setiap surat yang ada di Al-Qur’an, memiliki sejarah penurunannya. Termasuk surat Al-Kautsar, juga memiliki sejarahnya tersendiri. Surat ini diturunkan ketika Nabi Muhammad SAW sedang merasa sedih karena telah ditinggal oleh dua orang yang disayanginya.

Untuk itulah, surat ini diturunkan di Mekah dengan tujuan menghibur Nabi Muhammad SAW yang sedang bersedih. Diceritakan pada masa itu, menurut Ibnu ‘Abbas, dikatakan bahwa sueat ini turun setelah Al-Ash bin Wa’il dberpapasan dengan Rosululloh di pintu masjid.

Setelah itu, mereka sempat melakukan percakapan. Namun, ketika Al-Ash hendak masuk ke masjid, Rosululloh bertanya padanya tentang orang-orang yang telah berbicara dengan Al-Ash sebelumnya.

Mendengar pertanyaan dari Rosululloh, Al-Ash menjawab “orang-orang yang terputus (al-abtar) itu.

Surat Al-Kautsar memang sangat pendek, hanya 3 ayat saja, sangat bagus bila Anda mengamalkannya setiap hari. Jika mengamalkannya secara rutin, atas kehendak Allah, kesedihan dan kesusahan akan diganti dengan kenikmatan.

Ingin tahu bagaimana bunyi surat Makiyyah satu ini? Berikut 3 ayat dari surat tersebut yang diturunkan di Mekah :

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ

Innā a‘ṭainākal-kauṡar(a).

Sesungguhnya Kami telah memberimu (Nabi Muhammad) nikmat yang banyak.

 

 فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Faṣalli lirabbika wanḥar

Maka, laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah!

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

Inna syāni'aka huwal-abtar(u).

Sesungguhnya orang yang membencimu, dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

Mengutip dari riwayat Imam At Tirmidzi dari Abdullah bin Umar, menyatakan surat ini adalah sebuah nama dari Telaga di surga. Begitu juga dalam riwayat Imam Muslim dalam shahihnya yang kurang lebih sama.

Anda harus tahu bahwa tiga ayat ini memberikan keyakinan kepada Nabi Muhammad SAW tentang kehilangan serta bagaimana nasib orang-orang musyrik.

Selain itu, tiga ayat di atas juga memberikan pelajaran kepada Nabi Muhammad SAAW tentang bagaimana ia harus bertindak menghadapi setiap ejekan yang terlontar untuknya.

Keutamaan Bacaan Surat Al-Kautsar Jika Diamalkan Setiap Hari

Setiap surat yang diturunkan Allah ke dalam Al-Qur’an untuk para umat, memang memiliki manfaat atau keutamaan masing-masing. Seperti pada surat Al-Kautsar yang memiliki arti Nikmat yang berlimpah. Ayat 1-3 menjelaskan tentang karunia Allah kepada Nabi Muhammad SAW dan juga terputusnya jalan bagi orang-orang yang membenci Rosululloh.

Jika Anda ingin mendapatkan nikmat yang berlimpah seperti pada surat ini, maka amalkanlah setiap hari. Keutamaan yang akan Anda dapatkan sudah pasti akan diberi nikmat oleh Allah SWT. Maka dari itu, Anda perlu bersyukur kepada Allah SWT.

Selain itu, keuntamaannya juga melindungi rumah tangga Anda dari kehancuran dan tetap harmonis. Cobalah membacanya seusai shalat tahajjud bersama dengan pasangan Anda. Niscaya akan mendapat manfaatnya.

Kemudian dengan membacanya secara rutin, dapat menyembuhkan penyakit yang sedang Anda derita. Dengan izin Allah, jika terus mengamalkannya, bisa menjadi media kesembuhan.

Membaca surat ini secara rutin juga mampu menenangkan hati yang sedang gundah, serta melunakkan hati kalian yang keras.

Dan sudah pasti, ketika Anda mengamalkannya secara rutin, akan mendapatkan kenikmatan yang tidak terhingga.

Hanya 3 ayat saja, Anda sudah bisa mendapatkan banyak sekali manfaatnya. Mulai sekarang, amalkan surat Al-Kautsar secara rutin, dan rasakan kenikmatan yang akan diberikan Allah kepada Anda.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here