Tafsir

Tafsir

Portal Islam

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Bacaan Surat Az-Zalzalah, Terjemahan dan Keutamaan Bila Membacanya

Az-Zalzalah

Portalislam.com - Surat Az-Zalzalah mempunyai makna kegoncangan dan terdiri atas 8 ayat. Maksud dari kegoncangan ini adalah yang terjadi kelak di hari kiamat. Di dalam surat ini disebutkan bahwa pada hari kiamat seluruh bumi mengalami kegoncangan dahsyat.

Selain itu, menimbulkan kematian terhadap seluruh makhluk hidup sebagai penghuninya dan tidak ada satupun bisa bertahan menghadapinya. Surat satu ini termasuk ke dalam Madaniyah. Penamaannya berasal dari kata zilzaal yang memiliki makna goncangan.

Inilah Bacaan Surat Az-Zalzalah serta Terjemahan Setiap Ayatnya

Surat ini berada pada urutan ke-99 dalam Al Quran. Sebelum mengetahui berbagai keutamaan ketika membacanya, ketahui terlebih dahulu bacaannya. Inilah bacaannya dalam bentuk Arab dan latin beserta terjemahannya setiap ayat:

1.      Ayat 1

 

اِذَا زُلۡزِلَتِ الۡاَرۡضُ زِلۡزَالَهَا

Bacaan Latin: Izaa zul zilatil ardu zil zaalaha

Terjemahan: Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,

2.      Ayat 2

وَاَخۡرَجَتِ الۡاَرۡضُ اَثۡقَالَهَا

Bacaan Latin: Wa akh rajatil ardu athqoolaha

Terjemahan: dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,

3.      Ayat 3

وَقَالَ الۡاِنۡسَانُ مَا لَهَا‌

Bacaan Latin: Wa qoolal insaanu ma laha

Terjemahan: Dan manusia bertanya, "Apa yang terjadi pada bumi ini?"

4.      Ayat 4

يَوۡمَٮِٕذٍ تُحَدِّثُ اَخۡبَارَهَا

Bacaan Latin: Yawmaa izin tuhad dithu akhbaaraha

Terjemahan: Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,

5.      Ayat 5

بِاَنَّ رَبَّكَ اَوۡحٰى لَهَا

 

Bacaan Latin: Bi-anna rabbaka awhaa laha

Terjemahan: karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya.

6.      Ayat 6

يَوۡمَٮِٕذٍ يَّصۡدُرُ النَّاسُ اَشۡتَاتًا ۙ لِّيُرَوۡا اَعۡمَالَهُمۡؕ

 

Bacaan Latin: Yawma iziy yas durun naasu ash tatal liyuraw a'maalahum

Terjemahan: Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.

7.      Ayat 7

فَمَنۡ يَّعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَيۡرًا يَّرَهٗ

Bacaan Latin: Famaiy ya'mal mithqala zarratin khai raiy-yarah

Terjemahan: Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya,

 

8.      Ayat 8

وَمَنۡ يَّعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ

 

Bacaan Latin: Wa maiy-y'amal mithqala zarratin sharraiy-yarah

Terjemahan: dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa surat Az-Zalzalah membahas tentang kedahsyatan hari kiamat. Selain itu menerangkan tentang pembalasan amal serta perbuatan manusia. Ada banyak pelajaran bisa diperoleh dari turunnya surat ini.

Salah satunya menjadi peringatan kepada umat muslim tentang hari kiamat. Allah memberikan penjelasan tentang hari kiamat berupa goncangan besar bumi. Goncangan kuat yang dihasilkan mengakibatkan bumi mengeluarkan seluruh isi di dalamnya.

Diantaranya adalah bebatuan, logam, SDA serta harta terpendam. Termasuk juga mayat yang ada di dalam kuburan berhamburan keluar. Penggambaran hari kiamat dalam surat ini adalah perempuan yang dalam kondisi sedang menyusui anaknya, akan melupakan anaknya.

Gambaran lainnya seluruh manusia akan kebingungan seperti orang mabuk. Sedangkan perempuan yang sedang hamil akan langsung mengalami keguguran dalam kandungannya. Pada hari tersebut, manusia ketakutan melihatnya.

Di dalam Az-Zalzalah mengandung isi bahwa pada saat terjadi goncangan dahsyat, bumi seakan ingin menunjukkan tentang kejadian yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada manusia. Seluruh manusia, termasuk yang sudah mati akan dibangkitkan.

Pada saat tersebut, Allah akan memperlihatkan segala apa yang sudah dilakukan manusia selama hidup di dunia. Perbuatan baik sekecil apapun, akan didapatkan hasilnya. Begitu juga dengan kejahatan, walaupun sekecil apapun, akan tetap menerima balasannya.

Beberapa Keutamaan yang Diperoleh Bila Membaca Az-Zalzalah

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa kandungan di dalam surat ini setara dengan setengah isi Al Quran. Bila Anda rutin membaca surat ini dan istiqomah, akan memperoleh beragam keutamaan. Inilah beberapa keutamaannya bisa didapatkan:

1.      Mendapatkan Pahala

Keutamaan pertama yaitu memperoleh pahala luar biasa dengan jumlah setara membaca setengah Al Quran. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Ibnu Abbas. Di dalam hadis tersebut menjelaskan tentang surat ini yang sepadan dengan setengah Al Quran.

Dalam hadis tersebut bukan hanya pahala membaca Az-Zalzalah. Tapi juga Al Kafirun yang sepadan seperempat Al Quran, Al Ikhlas setara dengan sepertiga Al Quran serta Wal ‘Ahiyat sama dengan setengah Alq.

Dalam sebuah cerita, Nabi Muhammad menyampaikan bahwa membaca surat ini sebanyak dua kali atau Al-Ikhlas tiga kali akan memperoleh pahala setara dengan mengkhatamkan seutuhnya Al Quran.

2.      Memperoleh Surga

Keutamaan kedua yaitu memperoleh surga Allah. Mengenai hal ini diungkapkan oleh Abi Abdullah bahwa ketika membaca surat ini dalam salat sunahnya, tidak akan Allah timpakan bencana berupa gempa bumi selamanya.

Selain itu tidak akan mati karena hal tersebut. Bukan hanya itu saja, disebutkan bahwa orang terkait tidak akan terkena petir maupun malapetaka dunia jenis lainnya. Saat meninggal, akan langsung diperintahkan menuju surga selama yang diinginkan.

Bila ingin merasakan keutamaan tersebut, rutin baca salah satu surat dalam Al Quran satu ini. Jangan lupa ketika membaca Az-Zalzalah disertai dengan niat yang tepat agar benar-benar merasakan manfaatnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here