Tafsir

Tafsir

Portal Islam

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Mengapa Surat Al Waqiah Disebut Juga Surat Kekayaan? (JILID KE DUA)

Mengapa Surat Al Waqiah Disebut Juga Surat Kekayaan? (JILID KE DUA)

tafsir.portalislam.com

Surat Al Waqiah adalah salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memiliki banyak keistimewaan. Surat ini juga sering dikaitkan dengan kekayaan dan rezeki yang melimpah. Oleh karena itu, Surat Al Waqiah sering disebut juga sebagai Surat Kekayaan.



Mengapa Surat Al Waqiah dikaitkan dengan kekayaan? Pertama-tama, Surat Al Waqiah diawali dengan deskripsi tentang Hari Kiamat dan bagaimana amal perbuatan setiap manusia akan dihitung dan diganjar. Di dalam surat ini, Allah SWT menggambarkan tiga golongan manusia yang akan hadir di Hari Kiamat, yaitu golongan kanan, golongan kiri, dan golongan terdahulu.



Golongan kanan adalah golongan yang beruntung dan akan mendapatkan pahala yang besar. Mereka adalah orang-orang yang tekun dalam melakukan amal saleh dan bersedekah di dunia. Dalam Surat Al Waqiah ini, Allah SWT menjelaskan bahwa para golongan kanan akan mendapatkan rezeki yang melimpah dan kekayaan yang tiada batas.



Sebaliknya, golongan kiri adalah golongan yang celaka dan akan mendapatkan siksa yang pedih. Mereka adalah orang-orang yang memilih untuk berpaling dari jalan kebaikan dan lebih memilih hidup dalam kesesatan. Dalam Surat Al Waqiah, Allah SWT menjelaskan bahwa mereka akan menderita kelaparan di dunia dan di akhirat.



Sementara itu, golongan terdahulu adalah golongan yang mendapatkan tempat terdepan di sisi Allah. Mereka adalah orang-orang yang beramal saleh dan berusaha mendekatkan diri pada-Nya. Allah SWT menjelaskan bahwa para golongan terdahulu akan mendapatkan tempat yang terhormat dan disertai dengan rezeki yang melimpah.

Ayat-ayat yang Menyebutkan Keberkahan, Anugerah, dan Kekayaan

Surat Al-Waqiah, juga disebut sebagai Surat Kekayaan, sangat dipercaya oleh umat Muslim karena mengandung ayat-ayat yang menyebutkan keberkahan, anugerah, dan kekayaan yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya. Surat ini memberikan gambaran tentang bagaimana Allah adalah sumber segala kebaikan dan kekayaan dalam kehidupan ini.

Di dalam Surat Al-Waqiah terdapat beberapa ayat yang menekankan pentingnya beramal shaleh, seperti ayat 35 yang berbunyi, "Apakah kamu melihat air yang kamu minum? Adakah kamu menjadikannya turunan dari segulung air yang mengalir?" Ayat ini mengajarkan kita bahwa keberkahan dan kekayaan yang kita nikmati di dunia ini berasal dari Allah, sebagaimana air yang kita minum berasal dari segulung air yang mengalir.

Selanjutnya, ayat 68-70 dalam Surat Al-Waqiah juga menjelaskan bagaimana Allah mengutus para rasul untuk membawa kekayaan dan kemakmuran kepada hamba-Nya. Ayat-ayat tersebut menyatakan, "Apakah kamu memperhatikan apa yang kamu tanam? Adakah kamu yang menumbuhkannya atau Kami yang menumbuhkannya?... Dan sungguh kamu membekam karena hanya kerahmatan Tuhan kamu saja, tanpa Tuhan yang membebaskan, tak ada seorang pun yang membekam." Ayat ini menegaskan bahwa kekayaan yang kita miliki berasal dari Allah semata, dan tanpa ijin-Nya, tidak ada yang bisa memperoleh kekayaan tersebut.

Dengan fakta-fakta ini, tidak mengherankan bahwa Surat Al-Waqiah dikenal dan disebut sebagai Surat Kekayaan. Melalui ayat-ayatnya yang inspiratif, surat ini mengingatkan kita bahwa hanya dengan memohon dan mengandalkan Allah-lah kita bisa meraih keberkahan, anugerah, dan kekayaan yang sesungguhnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here